Produk Kreatif dan Kewirausahaan

BAB 1

SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA 


1. Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Wirausahawan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas atau mengelola wirausaha seperti ; menentukan cara produksi baru, menyusun managemen operasi untuk mengadakan produk baru, cara memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.

Wirausaha harus memiliki kepandaian atau memiliki bakat mengenali produk baru yang akan dikembangkan. Jadi, wirausahawan bukanlah penjual namun wirausaha adalah pencipta kegiatan usaha.

Ciri-ciri wirausaha adalah: 

A. Focus terkendali

B. Berenergi yang tinggi

C. Kebutuhan akan prestasi

D. Bertoleransi terhadap keraguan

E. Percaya diri

F. Berorientasi terhadap tindakan


2. Karakteristik wirausaha

Menurut BYGRAVE ada 10 yang dikenal dengan 10 D:

1. Dream, visi keinginan terhadap masa depan untuk mewujudkan impian.

2. Decisiviness, membuat keputusan secara cepat.

3. Doers, langsung menindaklanjuti keputusan yang telah diambil.

4. Determination, melaksanakan kegiatannya dengan penuh tanggung jawab.

5. Dedication, berdedikasi tinggi terhadap bisnisnya.

6. Devotion, tidak mengenal lelah.

7. Details, memperhatikan faktor-faktor secara rinci sampai hal terkecil.

8. Destiny, bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai.

9. Dollars, motivasinya tidak hanya uang, tetapi kesuksesan.

10. Distribute, mampu membagi kepemilikan bisnisnya kepada orang lain.


Ciri lain dari seorang wirausaha, yaitu:

1. percaya diri

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

3. Pengambilan risiko

4. Kepemimpinan

5. Keorisinilan

6. Berorientasi masa depan

7. Kreativitas


BAB 2

MENGANALISIS PELUANG USAHA


A. Pengertian Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemudian hari.

Sebagai seorang yang kreatif, calon wirausahawan akan mampu melihat begitu banyak peluang usaha yang berpotensi untuk diciptakan. 


B. Tujuan dan Manfaat Analisis Peluang Usaha

Tujuan dari disusunnya analisis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan serta mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut kedepannya.


C. Metode Pendekatan Analisis Peluang Usaha

Peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita biasanya dari situasi yang tidak diduga. Untuk mengembangkan ide atau gagasan tentang peluang usaha kita harus berpikir secara:

1. Positif

2. Kreatif

3. Inovatif

4. Inisiatif

5. Fleksibel

6. Responsif


Metode yang sering digunakan dalam analisis peluang usaha diantaranya:

1. Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan atau strange, kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Metode yang bisa diterapkan untuk upaya tersebut adalah analisis SWOT digunakan untuk mengetahui:

A. Strength, yaitu kekuatan yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.

B. Weakness, yaitu kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha.

C. Opportunity, yaitu peluang saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.

D. Threath, ancaman apa saja yang terjadi saat memulai usaha seperti munculnya.


2. Analisa 5W+1H

Selain menggunakan analisis SWOT, seorang wirausaha juga bisa menggunakan analisis lainnya, seperti 5W+1H yang terdiri dari:

What : jenis usaha apa yang akan kita ambil

Why : kenapa memilih usaha tersebut

When : kapan akan memulai usaha tersebut

Where : di mana kita akan membuat usahanya

Who : siapa yang akan terlibat dalam usahanya

How : bagaimana cara membuatnya


BAB 3

MENGANALISIS KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA


A. Hakikat Sumber Daya Usaha

Budaya merupakan kebutuhan untuk menghasilkan produk atau jasa yang kemudian dapat diperjualbelikan oleh sebuah usaha. 

Menurut Zakky Fathoni s.p.,m.Sc sumber daya usaha adalah sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha. Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha adalah:

1. Sumber daya material

2. Sumber daya finansial

3. Sumber daya manusia

4. Sumber daya informasi


B. Perencanaan Sumber Daya Usaha

1. Man (Sumber Daya Manusia)

2. Money (Biaya)

3. Material (bahan baku)

4. Machine (mesin)

5. Metode (metode atau cara kerja)

6. Market (Pasar)
















Komentar